Selasa, 29 September 2020 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Profil
#HJKBSeries #BersamaKitaTangguh

BJ Habibie, Mak Comblang Kota Bandung dengan Fort Worth

Minggu, 13 September 2020

BJ Habibie, Mak Comblang Kota Bandung dengan Fort Worth
TUGU Sister City Kota Bandung dengan Kota Fort Worth, Texas, Amerika Serikat yang berada di Jalan Wasrtukanca, Kota Bandung.*

MESKI dikenal sebagai orang Sulawesi Selatan, BJ. Habibie ternyata memiliki ikatan emosional yang cukup kuat dengan Kota Bandung.

Hal itu karena ia sempat bersekolah di Kota Bandung. Selain itu, Habibie juga menemukan cinta sejatinya, Hasri Ainun Besari di Kota Bandung.

Presiden ke-7 yang wafat pada 11 September 2019 lalu ternyata yang mengawinkan Kota Bandung dengan Kota Fort Worth. Kota Forth Worth merupakan salah satu dari 13 sister city Kota Bandung.

Fort Worth merupakan kota di Amerika Serikat, terletak di bagian selatan tepatnya di Negara Bagian Texas. Kota ini merupakan kota terbesar kelima di Negara Bagian Texas dan merupakan kota terbesar ke 19 di Amerika Serikat.

Hubungan sister city Kota Bandung dengan Fort Worth memang berawal dari saran BJ. Habibie. Saat itu ia menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi yang juga menjabat Direktur Utama IPTN.

Dasarnya dilatarbelakangi oleh kerja sama IPTN (sekarang PT Dirgantara Indonesia) dengan Pabrik Helicopter BELL.

Hubungan sister city keduanya diresmikan pada 2 April 1990 oleh Wali Kota Bandung Ateng Wahyudi dan Wali Kota Fort Worth, Bob Bolen.

Sejak menjadi kota kembar, kedua kota saling bekerja sama, salah satunya yaitu di bidang pendidikan. Setiap tahun, kedua kota saling menggelar pertukaran pelajar.

Tahun 2019 lalu, 6 pelajar dan seorang guru dari Forth Worth ke Kota Bandung. Mereka tinggal di rumah-rumah siswa SMAN 5 Bandung yang menjadi keluarga asuh. Mereka mengunjungi tiga sekolah; SMAN 5 Bandung, SMA BPI 1 dan SMA Taruna Bakti.

Sebagai penanda hubungan keduanya, dibuatlah tugu sister city Kota Bandung Forthworth di Jalan Wastukancana.* humas.bandung.go.id


Kata kunci:

BAGIKAN

BERI KOMENTAR