Rabu, 23 September 2020 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Layanan Siaran Pers


logo humas bandung
SIARAN PERS
Tanggal    26 Agustus 2020 Disiapkan oleh    Humas Kota Bandung
UNTUK SIARAN CEPAT

barkop

Berkat BSL-2, Wali Kota Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2020

WALI Kota Bandung Oded M. Danial meraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2020 dari SINDO Media untuk kategori “Kesehatan”. Oded menghadiri penganugerahan secara virtual dari Bandung Command Center, Rabu, 26 Agustus 2020.

Penghargaan tersebut diraih berkat inovasi Oded dalam membangun Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL 2) di Kota Bandung. Laboratorium inilah yang mempercepat proses pengujian hasil uji usap sehingga data penyebaran virus SARS Cov-2 bisa lebih cepat dan akurat.

Berlokasi di kantor Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jalan Supratman nomor 73, Laboratorium BSL 2 diresmikan pada 14 Mei 2020 lalu. Sejak saat itu, Kota Bandung telah mampu melakukan pengetesan masif secara mandiri. Setiap hari, laboratorium ini mampu menguji 200 spesimen.

“Sekarang sedang kita berupaya di bawah Dinas Kesehatan, laboratorium BSL 2 ini kalau kemarin cuma 200 (spesimen) per hari, nanti menjadi 300 (spesimen) per hari, jadi lebih cepat lagi penanganan Covid-19 ini,” jelas Oded usai menerima penghargaan.

Selain karena laboratorium BSL 2, penyediaan rumah singgah bagi pasien konfirmasi dan para petugas kesehatan juga menjadi perhatian juri. Kota Bandung menyediakan fasilitas tersebut untuk memastikan para pasien dan tenaga kesehatan mendapatkan perhatian penuh selama pandemi ini.

Oded pun mengucapkan terima kasih kepada SINDO Media atas penghargaan yang diraih ini.

“Kami atas nama Pemerintah Kota Bandung mengucapkan terima kasih banyak atas apresiasi yang diberikan oleh Koran SINDO. Hal ini merupakan pengakuan atas kerja keras Pemerintah Kota Bandung Bersama Forkompimda dan seluruh lapisan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19,” tutur Oded.

Apresiasi tersebut menjadi motivasi bagi Oded untuk terus berjuang di tengah dinamika pandemi dengan tuntutan mendongkrak laju ekonomi kota.

“Penghargaan ini tentu akan semakin menumbuhkan semangat kami dalam terus berjuang melawan Covid-19, menyeimbangkan kutub Kesehatan maupun kutub perekonomian dengan inovasi dan kolaborasi,” katanya.

Tak hanya Kota Bandung, penghargaan kategori kesehatan juga diberikan kepada para kepala daerah yang sukses membangun inovasi kesehatan di wilayahnya masing-masing, yakni Kabupaten Musi Banyuasin, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Morowali Utara, Kabupaten Pasangkayu, Kabupaten Pangandaran, dan Kabupaten Morowali.

Sementara itu ada pula penghargaan untuk kategori ekonomi dan kategori tata kelola pemerintahan yang diraih oleh beberapa kepala daerah di Indonesia.

 

Kabag Humas Setda Kota Bandung

Sony Teguh Prasatya


Kata kunci:

BAGIKAN

BERI KOMENTAR