Sabtu, 8 Agustus 2020 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Berita
#BandungLawanCovid19

Warga Bandung Kulon Berlomba Meraih Keberkahan Ramadan Lewat Sabandung

Kamis, 14 Mei 2020

Warga Bandung Kulon Berlomba Meraih Keberkahan Ramadan Lewat Sabandung
Teguh P./Humas.Bandung.go.id
KADER TP PKK Kelurahan Cigondewah Rahayu, Kecamatan Bandung Kulon membagikan paket nasi Sabandung kepada warga terdampak Covid-19, Kamis (14/5/2020).*

HumasBandung - Bulan Ramadan menjadi kesempatan meraih keberkahan bagi warga Kecamatan Bandung Kulon. Warga berlomba-lomba memberikan bantuan sosial, di antaranya berdonasi dan mendukung program Sangu Bancakan Urang Bandung (Sabandung) yang digagas Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Bandung.

Ketua TP PKK Kecamatan Bandung Kulon, Yosi Oktri mengungkapkan, kepedulian masyarakat cukup tinggi untuk berbagi dengan warga lainnya yang kurang mampu. Ketika mengetahui ada Gerakan Sabandung, warga yang memiliki rezeki berlebih silih berganti memberikan sumbangan.

"Alhamdulillah berkah Ramadan, kesadaran masyarakat juga jadinya lebih besar. Warga ingin dapat berkahnya Ramadan, jadi sumbangannya lebih," ujar Yosi kepada Humas Kota Bandung usai pembagian Sabandung di Kantor Kelurahan Cigondewah Rahayu, Kecamatan Bandung Kulon, Kamis (14/5/2020).

Yosi mengungkapkan, secara akumulasi setiap pekan Kecamatan Bandung Kulon membagikan lebih dari 2.000 paket nasi Sabandung. Terlebih para donatur yang awalnya memberikan bantuan bahan sembako, kini tak sedikit yang beralih ke makanan jadi berupa paket nasi.

"Rata-rata 2.000 paket nasi per minggu. Kadang lebih, karena banyak swadaya yang memberi sudah jadi. Kami ada delapan kelurahan, rata-rata satu kelurahan sekitar 250 paket. Pelaksanaannya tiap kelurahan berbeda, ada yang seminggu sekali dan ada yang seminggu dua kali," jelasnya.

Yosi menuturkan, untuk teknis pelaksanaan Sabandung dipercayakan kepada kader PKK masing-masing kelurahan. Makanan yang diberukan tetap memperhatikan kandungan gizi seimbang, karena para kader PKK ini juga memasak sendiri menu makanannya.

Di samping itu, sambung Yosi, para kader PKK juga menggunakan sejumlah perlengkapan untuk menerapkan protokol kesehatan. Dalam pelaksanaannya para kader PKK dibagi beberapa kelompok guna bertugas di masing-masing bagian proses program Sabandung.

"Ibu-ibu memperhatikan standar kesehatan, pakai celemek, sarung tangan, masker," paparnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Bandung, Siti Muntamah yang melihat langsung persiapan hingga pendistribusian Sabandung, sangat terkesan dengan pelaksanaan Gerakan Sabandung di Kecamatan Bandung Kulon. Menurutnya, yang dilakukansudah sejalan dengan konsep Sabandung yang ia usung, yakni mengedepankan kepedulian dan kolaborasi masyarakat dalam rangka bahu membahu menghadapi pandemi Covid-19.

"Idealnya setiap masyarakat bisa menyumbangkan satu porsi makanan untuk tetangga kiri atau kanan. PKK kelurahan bisa memberikan stimulan kepada RT dan RW agar bersama-sama membantu warga," ujar perempuan yang karib disapa Umi ini.

Gerakan Sabandung diharapkan mampu menjadi solusi untuk membantu masyarakat yang ikut terdampak oleh pandemi Covid-19. Sehingga, masyarakat juga bisa fokus berkontribusi menyukseskan langkah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Ketika Jaring Pengaman Sosial dengan Sabandung ini menjadi alternatif positif, maka konsentrasi kita bagaimana masyarakat bisa bersama-sama menyukseskan PSBB Jawa Barat. Saya yakin bagaiamana physical distancing bisa memutus mata rantai penyebaran covid-19," katanya.* asep pupu - humas.bandung.go.id



BAGIKAN

BERI KOMENTAR