Minggu, 15 September 2019 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Profil
Gedung DENIS

Kembaran Savoy Homman

Sabtu, 9 Maret 2019

Kembaran Savoy Homman
IST.

HumasBandung - Gedung Denis, demikian, warga Bandung menyebutnya di masa kolonial. Namun saat ini, lebih dikenal dengan gedung Bank bjb. karena saat ini memang telah menjadi kantor pusat bank bjb.

Gedung ini juga menjadi salah satu saksi sejarah Bandung Lautan Api. Persitiwa itu yaitu perobekan bendera Belanda dan pengibaran Merah Putih di Gedung DENIS pada sekitar September-Oktober 1945. Insiden tersebut membakar semangat para pejuang Bandung.

DENIS adalah singkatan dari NV. De Eerste Nederlandsch-Indische Spaarkas (PT. Bank Tabungan Hindia Belanda Pertama), kadang-kadang diikuti oleh Perusahan Asuransi Jiwa.

Salah satu pendiri DENIS adalah Ru Bosscha, pengusaha perkebunan teh yang menjadi salah satu warga kehormatan Bandoeng.

Gedung utamanya yang berada di pertemuan Bragaweg/Naripanweg (sekarang Jalan Braga/Jalan Naripan) dibangun pada tahun 1935 dan sekarang masih berdiri dalam bentuknya yang asli.

Rancangannya didasarkan pada "corak ombak samudera" yang sedang terkenal saat itu dan dibuat dari bahan beton. Gedung Bank DENIS merupakan salah satu karya besar arsitek Albert Frederik Aalbers. Gedung ini adalah salah satu cagar budaya populer di Bandung.

Karena kemiripannya, gedung ini disebut sebagai kembaran Hotel Savoy Homan.* humas.bandung.go.id


Kata kunci:

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
Terkait