Minggu, 18 November 2018 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Profil
Iwa Kurniawan

Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Jawa Barat

Selasa, 1 Mei 2018

Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Jawa Barat
Primanda/Humas.Bandung.go.id
IWA Kurniawan, Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Jawa Barat tahun 2017.*

HumasBandung – Indonesia akan menjadi negara maju apabila pendidikannya berkembang dan maju. Demikian dikatakan Iwa Kurniawan, Kepala SD Muhammadiyah 7 Kota Bandung yang telah berkontribusi bagi pembangunan pendidikan di Kota Bandung.

Ditemui humas.bandung.go.id dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Iwa menuturkan pengalamannya menjadi seorang pendidik serta bagaimana peran pendidikan dalam kemajuan dan masa depan bangsa. Baginya, pendidikan merupakan salah satu investasi dalam membentuk kualitas sumber daya manusia (SDM) suatu bangsa.

“Di antara sekian banyak agenda pembangunan bangsa, pendidikan merupakan salah satu agenda penting dan strategis, karena keberhasilan pembangunan pendidikan akan memberikan kontribusi bagi kemajuan di bidang pembangunan lainnya,” katanya di sela-sela kesibukannya di SD Muhammadiyah 7 Kota Bandung, Jln. Kadipaten Raya No 4 - 6 Antapani, Kota Bandung, Senin (30/4/2018).

Iwa memulai kariernya di dunia pendidikan dengan menjadi guru. Selama 16 tahun ia menjadi guru dan mengabdi serta memberikan ilmu kepada murid-muridnya. Tahun 2014, Iwa dipercaya menjadi Kepala SD Muhammadiyah 7 Kota Bandung.

Sebagai seorang guru, Iwa menyadari bahwa guru menjadi garda terdepan untuk mewujudkan kemajuan pendidikan di Indonesia. Para pendidik yang ada di depan kelas itulah yang bertanggung jawab atas kualitas pendidikan anak didiknya.

“Guru yang menjadi ujung tombak pendidikan anak-anak. Siapa yang ada di depan kelas, itu yang akan mempengaruhi perkembangan anak didik di masa depan. Oleh karena itulah guru harus menjadi teladan, panutan dan contoh untuk murid-muridnya,” katanya.

Terkait dengan kondisi pendidikan saat ini untuk menjawab tantangan ke depan, Iwa mengungkapkan, sistem pembelajaran harus bisa mengeksploitasi dan mengembangkan seluruh potensi, baik guru maupun siswa. “Siswa harus difasilitasi oleh sekolah sehingga guru dengan segala potensi dan keterampilannya memberikan bimbingan serta pembelajaran yang menarik agar bisa memanfaatkan dan mengembangkan seluruh potensi siswa,” tuturnya.

Anak-anak zaman sekarang, lanjut Iwa, harus mendapat pendidikan yang tidah hanya membuat mereka mengetahui, tetapi juga harus diberikan ketrampilan untuk menemukan hal-hal baru yang bermanfaat. “Rasa penasaran anak-anak harus difasilitasi dan digali supaya ketrampilan ilmiah mereka tumbuh untuk mengetahui lebih banyak lagi hal-hal yang bermanfaat,” katanya.

Menyadari kondisi masa kini yang dihadapi dunia pendidikan, Iwa yang meraih prestasi sebagai Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Jawa Barat tahun 2017 ini, berusaha menjadikan SD Muhammadiyah 7 sebagai sekolah paripurna, artinya siswanya tak hanya mumpuni dalam bidang pengetahuan, tetapi juga agama, etika, dan keterampilan.

“Kemajuan yang dialami sekolah ini tidak hanya di bidang pengetahuan, tetapi juga agama, budi pekerti, dan keterampilan yang dimiliki oleh para murid,” katanya.

SD Muhammadiyah 7, lanjut Iwa, merupakan sekolah perdamaian. Di sekolah ini seluruh siswa dilarang melakukan bullying, setiap siswa harus saling menghargai dan menyadari bahwa mereka masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

“Berkat kerja keras seluruh stakeholder, sampai sekarang sekolah ini masih menjadi sekolah perdamaian dan mudah-mudahan bisa ditiru oleh sekolah lain,” kata Iwa.

Berbicara mengenai prestasi, ternyata beragam prestasi telah diraih SD Muhammadiyah 7, baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional serta dari berbagai bidang seperti senu, keterampilan, budaya, dan bahasa. Dari sederet penghargaan yang diraih adalah, juara Lomba olimpiade matematika baik tingkat asional maupun internasional dan juara lomba robotic di Singapura.

Meskipun sudah banyak prestasi ditorehkan, namun Iwa menegaskan bahwa kejuaran yang diikuti sekolahnya bukan berorientasi pada prestasi, tetapi juga pada kebermanfaatan bagi seluruh siswa dan untuk sekolah.

Menurut Iwa, penghargaan yang telah diraih oleh SD Muhammadiyah merupakan keberhasilan bersama. Termasuk penghargaan sebagai Kepala Sekolah Terbaik yang diraihnya, Iwa mengatakan bahwa itu merupakan hasil kerja bersama dan hasil kerja keras untuk meningkatkan sekolah menjadi lebih baik.

“Insya Allah ini menjadi motivasi bagi rekan-rekan kepala sekolah yang ada di Kota Bandung agar selalu berprestasi dan selalu memberikan yang terbaik untuk sekolah dan pendidikan,” katanya.* andryan – humas.bandung.go.id


Kata kunci:

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
Terkait