Senin, 21 Mei 2018 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Profil
Bagian Humas Kota Bandung

Ujung Tombak Pemkot Bandung

Selasa, 13 Februari 2018

Ujung Tombak Pemkot Bandung
HumasBandung.go.id
KEGIATAN Bandung Menjawab yang diselenggarakan Bagian Humas Kota Bandung, menghadirkan nara sumber dari Pimpinan dan Pejabat Publik Pemkot Bandung.*

HumasBandung - Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Kota Bandung merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam Pemerintahan Kota (Pemkot) Bandung yang sebelumnya bergabung dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) No. 8 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Bandung serta Peraturan Walikota (Perwal) No. 636 tahun 2017 tentang Pengorganisasian Perangkat Daerah Penyelenggara Urusan Pemerintahan Daerah Kota Bandung, Bagian Humas berpisah dengan Diskominfo dan berada di bawah koordinasi Asisten Administrasi Umum dan Kepegawaian.

Bagian Humas Kota Bandung dipimpin oleh Kepala Bagian yang membawahi tiga Sub Bagian, yaitu Sub Bagian Humas, Peliputan dan Dokumentasi; Sub Bagian Data dan Informasi; dan Sub Bagian Kemitraan Media dan Publikasi. Saat ini struktur organisasi di Bagian Humas Kota Bandung adalah:

Kepala Bagian Humas: Yayan Ahmad Brilyana, S.Sos., M.Si.

Kepala Sub Bagian Humas, Peliputan dan Dokumentasi: Meiwan Kartiwa, S.Sos.
Staf Sub Bagian Humas, Peliputan dan Dokumentasi: Syachril Saripudin, Muhamad Rahman, Guruh Gumilar, Andryan Ramadhany, Syahda Musthafa Albara, S.Sos., Rizal Fadillah Siptriandy, Nurul Asri Mulyani, S. Ikom., Primanda Wijaksana, Suhendro Drajad, S.T., Hari Setiawan Riyanto, Yanuar Bramantya, S. T. Sn.

Kepala Sub Bagian Data dan Informasi: Ruri Rachmawati, S.E.
Staf Sub Bagian Data dan Informasi: Nurzanah Triana Dewi, S.H. ,M.AP , Rohandi, S.Sos., Yuyun Yuhaemi, S.T., M. Fachla Hudaya, S. IP., Yuda, Raesita Rakhmawati R., S. Ikom., Olih Yusuf Efendi, Wawan Kuswiana, Fauzan, M.Pd., Aji Stia Pinandita R.

Kepala Sub Bagian Kemitraan Media dan Publikasi: Lilis Yuliani, S.Pd.
Staf Sub Bagian Kemitraan Media dan Publikasi: Dhea Restu Pradhana, S.S., Irna Ariani, S.ST, M.T., Janete Mia Permana, S. Pd., Syarif Lufti.

Kepala Bagian Humas Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana, S.Sos., M.Si. mengatakan, visi Bagian Humas Kota Bandung adalah, terwujudnya pelayanan informasi yang transparan dan akuntabel untuk memenuhi hak pemohon informasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sedangkan misinya adalah, meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi yang berkualitas, membangun dan mengembangkan sistem penyediaan dan layanan informasi, dan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia.

Realisasi dari visi dan misi tersebut, Bagian Humas sebagai ujung tombak Pemkot Bandung, bertugas memberikan informasi kepada masyarakat berkaitan dengan kebijakan, program dan kegiatan pemerintah; mengelola informasi yang akan dikomunikasikan kepada masyarakat secara cepat, tepat, akurat, proporsional dan menarik, selaras dengan dinamika masyarakat; menyampaikan informasi kebijakan, program dan kegiatan pemerintah secara lengkap, utuh, tepat dan benar kepada masyarakat; serta memberikan pemahaman kesamaan visi, misi dan persepsi antara masyarakat dan pemerintah.

Tugas lain yang melekat pada Bagian Humas Kota Bandung adalah, meningkatkan pelayanan dan pengelolaan informasi serta mampu mendorong partisipasi masyarakat dalam menyukseskan berbagai program pemerintah yang hasilnya dapat dinikmati oleh publik.

Produk kerja Bagian Humas Kota Bandung antara lain Sambutan Pimpinan, Siaran Pers, dan even Bandung Menjawab yang menjadi “pintu” masyarakat untuk mengetahui Pemkot Bandung. Selain itu, masih banyak kegiatan Bagian Humas Kota Bandung yang terkait dengan penyampaian informasi kepada masyarakat, baik langsung maupun melalui mitra kerja.

“Untuk mewujudkan semua tuntutan tugas tersebut, Bagian Humas dituntut mempunyai kemampuan dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman yang sangat cepat terutama menghadapi perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi,” ungkap Yayan Ahmad Brilyana.

Kinerja Humas Kota Bandung sebagai “ujung tombak” Pemkot Bandung dalam mengkomunikasikan program dan transparansi pembangunan telah mendapat pengakuan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Pada penyelenggaraan Anugerah Media Humas (AMH) Tahun 2017 yang diselenggarakan di pada 23 November 2017, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Bagian Humas Kota Bandung meraih predikat terbaik pertama untuk kategori “Siaran Pers”. Kota Bandung menyisihkan Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur, Kota Bogor, Kota Tangerang, dan Kota Pariaman dari Kelompok Pemerintahan Daerah.

“Penghargaan ini membuat kami terus memperbaiki dan memutakhirkan diri dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap informasi tentang Pemkot Bandung,” ujar Yayan Ahmad Brilyana. ***



BAGIKAN

BERI KOMENTAR
Terkait