Kamis, 18 Juli 2019 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Layanan

Ada Maggot di Cibiru

Selasa, 14 Mei 2019

Ada Maggot di Cibiru
Rizal Fadillah Siptriandy/Humas.Bandung.go.id
CAMAT Cibiru, Didin Dikayuana.*

HumasBandung - Banyak cara mengolah sampah. Dua di antaranya dengan biodigester dan maggot. Seperti yang dilakukan di Kecamatan Cibiru, Kota Bandung.

Diungkapkan Camat Cibiru, Didin Dikayuana, ada 3 buah biodigester di wilayahnya untuk mengelola sampah. Tiap biodigester digunakan oleh 3-4 RW.

“Belum banyak, karena perlu lahan agak luas dan berada di pemukiman,” kata Didin pada Bandung Menjawab di Media Lounge Balai Kota Bandung, Selasa (14/5/2019).

Selain biodigester, beberapa RW juga membudidayakan maggot, yaitu sejenis belatung kaya protein yang mampu memakan sampah organik. Selanjutnya, maggot menjadi pakan ikan atau burung.

“Belatungnya bisa dijual untuk pakan ikan, burung, dan ayam. Nilai gizinya bagus,” beber Didin.

Sebanyak 4 RW sudah membudidayakan maggot. Ke depannya Didin berharap lebih banyak warga yang bisa memanfaatkan maggot untuk mengurangi sampah organik.

Namun tidak semua warga Cibiru mengolah sampahnya dengan bijak. Didin tidak menampik masih ada warga yang perlu pembinaan soal mengelola sampah. Sejumlah rumah tangga tidak ingin bekerja sama dengan PD Kebersihan untuk pengelolaan sampahnya.

“Kami tidak memungkiri, warga Cibiru yang di bagian atas yang di pedesaan ada yang belum bekerja sama dengan PD Kebersihan. Mereka membuang sendiri sampahnya. Ada yang dikubur atau dibakar. Kami sudah imbau, tapi belum bisa. Tapi tetap kita upayakan,” ujarnya.* humas.bandung.go.id


Kata kunci:

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
Terkait