Sabtu, 21 September 2019 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Layanan Siaran Pers


logo humas bandung
SIARAN PERS
Tanggal    2 Mei 2019 Disiapkan oleh    Humas Kota Bandung
UNTUK SIARAN CEPAT

barkop

Pemkot Bandung Buka Pendaftaran Seleksi 7 Kepala Dinas

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung telah membuka pendaftaran seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) untuk mengisi kekosongan jabatan kepala dinas di 7 instansi. Pendaftaran sejak 30 April lalu hingga 17 Mei 2019 mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bandung, Yayan A. Brillyana menyebutkan, kepala instansi yang kosong antara lain Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), serta Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan).

Selain itu, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM), dan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM).

"Kita akan memilih secara sistem merit. Tidak sekadar dari pangkat dan golongan yang cukup, tapi kita uji juga kompetensinya," tutur Yayan dalam Bandung Menjawab di Media Lounge Balai Kota Bandung, Kamis (2/5/2019).

Sistem merit merupakan kebijakan dan manajemen SDM aparatur negara yang berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar. Para calon kepala dinas itu akan diseleksi oleh tim independen yang terdiri dari unsur akademisi, praktisi, dan unsur pemerintah. Panitia Seleksi (Pansel) ini diketuai langsung oleh Prof. Dr. Sadu Wasistiono, akademisi dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Ada empat tahapan seleksi yang harus dilalui. Pertama, seleksi administratif yang akan dimulai pada 20 Mei dan diumumkan pada 21 Mei berdasarkan hasil rapat Pansel. Kedua, seleksi gagasan tertulis yang akan dilaksanakan pada 22 Mei 2019.

Ketiga, seleksi Kompetensi Manajerial atau Assessment Center pada 27-28 Mei 2019. Hasil tes ini baru akan diumumkan pada 14 Juni 2019 setelah Idulfitri.

Terakhir, seleksi wawancara akhir. Seleksi ini berlangsung pada 18-19 Juni 2019. Selain itu, masih ada tes kesehatan setelah pengumuman tiga besar pada 24 Juni 2019.

"Seleksi ini juga terbuka bagi ASN dari kota dan kabupaten lain se-Jawa Barat," imbuh Yayan.

Selain JPTP, BKPP Kota Bandung juga tengah memproses pengisian jabatan untuk tingkat eselon III dan eselon IV. Ada sekitar 180 jabatan yang harus diisi kekosongannya.

"Ada 180 jabatan yang kosong, jadi kami harus persiapan dari sekarang," ujarnya.

 

Kepala Bagian Humas Setda Kota Bandung

Sony Teguh Prasatya


Kata kunci:
jptp

BAGIKAN

BERI KOMENTAR