Senin, 20 Mei 2019 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Layanan Siaran Pers


logo humas bandung
SIARAN PERS
Tanggal    14 Maret 2019 Disiapkan oleh    Humas Kota Bandung
UNTUK SIARAN CEPAT

barkop

Disdukcapil Goes to Campus, Permudah Proses Perekaman KTP Elektronik

DINAS Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung semakin berinovasi dalam pelayananan administrasi kependudukan. Kali ini Disdukcapil menyelenggarakan "Goes to Campus" di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jalan Setiabudhi Kota Bandung, Kamis (14/03/2019).

Menurut Sekretaris Dinas (Sekdis) Disdukcapil, Uum Sumiati, acara ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam proses perekaman KTP Elektronik (KTP-el), Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan Kartu Identitas Anak (KIA). Acara ini tidak hanya diperuntukan bagi warga Kota Bandung saja, tetapi bagi mahasiswa/I UPI dan warga luar Kota Bandung yang belum melakukan perekaman KTP-el.

"Khususnya, bagi warga luar pulau yang membutuhkan biaya lebih untuk pulang, proses perekaman KTP elektronik bisa kami lakukan dari sini guna efisiensi waktu dan biaya," ujar Uum.

Uum menambahkan, kerja sama dengan pihak kampus seperti ini merupakan upaya Disdukcapil dalam memenuhi hak konstitusional sebagai warga negara. "Jadi istilahnya, kita jemput bola untuk memudahkan masyarakat," sambungnya.

Sebelum bekerja sama dengan perguruan tinggi, lanjut Uum, Disdukcapil telah bekerja sama dengan pihak kelurahan, kecamatan, sampai ke SMA/SMK di Kota Bandung. "Untuk memudahkan pemilik KTP pemula, kami juga jemput bola ke SMA/SMK di Bandung," ujarnya.

Proses perekaman KTP-el dalam Disdukcapil Goes To Campus relatif mudah dan efisien. Warga yang ingin melakukan perekaman cukup membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK). "Hari ini kami fokus pada perekaman KTP elektronik. Namun kami juga melayani masyarakat yang memerlukan data penunjang lainnya seperti Akta Kelahiran, Akta Kematian dan Kartu Identitas Anak (KIA)," ujarnya.

Uum berharap, masyarakat bisa merespon aktif upaya Disdukcapil dalam memudahkan pencatatan sipil bagi warga khususnya di Kota Bandung. "Kalau masyarakat tidak merespon positif, saya rasa upaya ini tidak akan berhasil," tuturnya.

 

Kepala Bagian Humas Setda Kota Bandung

Dedi Priadi Nugraha


Kata kunci:

BAGIKAN

BERI KOMENTAR