Minggu, 16 Juni 2019 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Layanan Siaran Pers


logo humas bandung
SIARAN PERS
Tanggal    4 Desember 2018 Disiapkan oleh    Humas Kota Bandung
UNTUK SIARAN CEPAT

barkop

Yana: Semua Warga Wajib Menjaga Tibumtran Linmas

WAKIL Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meminta seluruh steakholder menjaga ketertiban umum, ketentraman dan perlindungan masyarakat (Tibumtran Linmas) di lingkungan masing-masing. Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tak bisa mewujudkan Tibumtran Linmas tanpa dukungan seluruh pihak.

“Ketertiban keamanan dan kenyaman bukan hanya tanggung jawab pemeritah tetapi masyarakat pun harus ikut serta memberikan yang terbaik bagi lingkungannya," ujarnya pada Forum Group Discussion (FGD) Raperda Kota Bandung tentang Tibumtran Linmas, di Hotel Grand Pasundan, Jalan Peta, Selasa (4/12/2018). 

Perlu diketahui, FGD ini bagian dari penyusunanrancangan Peraturan Daerah Kota Bandung tentang ketertiban umum, ketentraman dan perlindungan masyarakat (Tibumtran Linmas).

Hal itu sebagaimana dalam undang - undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah yang telah diubah beberapa kali terakhir dengan undang - undang nomor 9 tahun 2015 dan Peraturan Pemerintah nomor 18 Tahun 2016 tentang perangkat daerah, yang memerintahkan bahwa urusan Tibumtran Linmas merupakan sub urusan wajib pelayanan dasar. Sehingga menuntut setiap pemerintah daerah membentuk suatu produk hukum yang mengatur mengenai Tibumtran Linmas. 

“Dengan diselenggarakannya FGD ini, partisipasi menjadi kekuatan untuk pembangun di masa mendatang. Selian itu untuk mewujudkan Bandung yang aman, nyaman dan kondusif," ujarnya. 

Oleh karenanya, Yana yang juga Ketua Satgasus PKL berpesan kepada aparat kewilayahan untuk tetap menjaga keamanan. 

“Menitipkan kepada petugas kewilayah, beberapa zona yang sudah ditata agar dikawal. Sehingga menjadikan rasa nyaman di kewilayahan masing-masing,”katanya. 

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung, Dadang Iriana menyampaikan, tujuan FGD Raperda Tibumtran Linmas, dalam rangka menyukseskan pembentukan Peraturan Daerah Kota Bandung tentang ketertiban umum, ketentraman dan perlindungan masyarakat. 

Acara tersebut untuk mengakomodir urusan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat sebagai urusan wajib pelayanan dasar. Sebagaimana diatur dalam pasal 12 ayat 1 UU nomor 23 tahun 2014, tentang pemerintahan daerah. Selain itu terjaminnya hukum dalam penyelenggaraan tibumtram linmas. 

“Tema kegitan tersebut “melalui kegiatan FGD Raperda Tibumtran Linmas kita sukseskan terbentuknya Perda Kota Bandung tentang Tibumtran Linmas guna mewujudkan Kota Bandung yang semakin juara,” Katanya. 

Dadang menambahkan, Raperda Tibumtran Linmas terdiri dari 12 BAB dan 61 pasal terdiri dari, Bab l ketentuan umum, Bab ll ketertiban umum. Terdiri dari, tertib jalan dan angkutan jalan, tertib sosial, tertib lingkungan, tertib jalur hijau taman dan tempat umum, tertib sungai, drainase dan sumber air. Tertib usaha tertentu. Tertib PKL, Reklame, bangunan dan ruang. 

Di samping itu, untuk Bab lll membahas, perlindungan masyarkat, Bab IV prisip pelaksanaan tugas dan fungsi satpol PP dan satlinmas. Bab V partisipasi masyarkat. Bab VI penertiban, bab VII pembinaan dan pengawasan, Bab VIII sanksi administratif, Bab lX ketentuan penyidik, Bab X sanksi pidana, Bab Xl ketentuan peralihan dan Bab Xll ketentuan penutup. 

 

Kabag Humas Setda Kota Bandung

Dedi Priadi Nugraha


Kata kunci:

BAGIKAN

BERI KOMENTAR