Rabu, 12 Desember 2018 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Layanan Siaran Pers


logo humas bandung
SIARAN PERS
Tanggal    20 Februari 2018 Disiapkan oleh    Humas Kota Bandung
UNTUK SIARAN CEPAT

barkop

Teras Cihampelas Hadir, Omzet Toko Jeans Meningkat 80%

Tekenal dengan julukan kota fesyen, Kota Bandung memiliki banyak lokasi yang tidak boleh dilewatkan. Hampir semua wisatawan maupun warga Kota Bandung menyukai aktifitas belanja. Salah satu produk fesyen yang paling banyak dicari adalah jeans.

Salah satu tempat di Bandung yang menyuguhkan fesyen jeans yaitu Jalan Cihampelas. Kawasan ini memang sudah terkenal dengan jeansnya sejak tahun 1980-an. Cihampelas juga terkenal dengan patung super hero seperti Superman, Aladin, dan Rambo.

Salah satu pemilik toko jeans Cihampelas, Yuli menuturkan, sudah lama berjualan di kawasan tersebut. Tokonya mampu menjual jeans sebanyak 3 lusin dalam satu hari. Jeans dibandrol dari harga Rp 100.000 hingga Rp 300.000. Beragam model dan jenis bahan tersedia di tokonya.

Menurutnya, omzet yang diperoleh semakin meningkat setelah adanya Teras Cihampelas. Hadirnya Teras Cihampelas membuat PKL lebih tertata. Sehingga para pemilik toko maupun PKL bisa lebih nyaman berjualan.

"Ketika teras Cihampelas diresmikan, omzet penjualan semakin meningkat sekitar 80 persen," aku Yuli, Selasa (20/2/2018).

Sehingga, Yuli memastikan, toko-toko di kawasan Cihampelas tidak terpengaruh dengan maraknya penjualan online.

"Berbeda ya, kan yang datang ke Cihampelas itu sengaja untuk jalan-jalan sekaligus berbelanja. Kalau beli online itu hanya membeli barang saja. Jadi pengaruhnya tidak besar untuk para pedagang celana di Cihampelas," ujarnya.

Saat ini, wisatawan yang berkunjung ke Cihampelas masih didominasi dari pulau Jawa. Namun wisatawan Asia seperti dari Malaysia dan Singapura semakin menunjukkan peningkatan.

Sementara itu, Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Bandung Wetan, Nono menyampaikan, kawasan Cihampelas memiliki sebanyak 12 toko yang khusus menjual jeans. Sementara itu untuk wilayah Coblong sendiri tidak jauh beda dengan jumlah toko yang berada di Bandung Wetan.

Sekadar untuk diketahui, secara geografis, Cihampelas masuk dalam dua wilayah yaitu Kecamatan Coblong dan Kecamatan Bandung Wetan. Sedangkan Teras Cihampelas diresmikan pada 4 Februari 2017 lalu.

Menurut Nono, pedagang jeans Cihampelas sangat mendukung hadirnya tempat wisata Teras Cihampelas. Karena hadirnya Teras Cihampelas membuat para pedagang jin semakin nyaman berjualan. Para wisatawan juga semakin nyaman dan terus bertambah.

"Semenjak adanya Teras Cihampelas, PKL yang di bawah sudah direlokasi, sehingga sekarang mereka memiliki tempat dan bisa lebih leluasa berjualan. Sementara itu, untuk pedagang jin di jalan Cihampelas pun sama, lebih tertata sehingga para pembeli bisa berkunjung sekaligus berbelanja," ujar Nono saat ditemui di kantor Kecamatan Bandung Wetan.

Kabag Humas Setda Kota Bandung

Yayan A. Brillyana



BAGIKAN

BERI KOMENTAR