Rabu, 13 November 2019 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Berita

Bhumandala Award untuk Pemkot Bandung

Kamis, 17 Oktober 2019

Bhumandala Award untuk Pemkot Bandung
Syahda Musthafa/Humas.Bandung.go.id
SEKRETARIS Daerah 9Sekda) Kota bandung, Ema Sumarna menerima penghargaan Bhumandala Award untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang PS. Brodjonegoro, Kamis (17/10/2019).*

HumasBandung - Pemkot Bandung kembali meraih penghargaan. Kali ini Pemkot Bandung mendapat penghargaan Bhumandala Award Kategori Inovasi terbaik dalam Pemanfaatan Informasi Geospasial oleh Badan Informasi Geospasial (BIG).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang PS. Brodjonegoro memberikan penghargaan tersebut kepada Sekretaris Daerah (Sekdaa) Kota Bandung, Ema Sumarna di Kantor Badan Informasi Geospasial Jalan Raya Jakarta -Bogor, Cibinong, Jawa Barat, Kamis (17/10/2019).

Usai menerima penghargaan, Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, informasi geospasial sebagai data yang telah diolah merupakan hal yang sangat penting dalam perencanaan pembangunan.

Data tersebut merupakan alat bantu dalam perumusan kebijakan, maupun pengambilan keputusan yang berkaitan dengan rencana tata ruang wilayah, pemetaan daerah rawan bencana, pengelolaan sumber daya alam. Dalam hal ini Pemkot Bandung dinilai inovatif karena memiliki Bandung Smart Map Plus.

"Data geospasial ini dari aspek ruang sudah banyak dimanfaatkan dan terintegrasi serta sudah sangat lengkap. Contohnya di BPPD (Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah), saat sensus pajak bumi dan bangunan, kita lakukan foto udara, datanya sudah akurat, " ujar sekda.

Tak hanya itu, sekda menyebutkan, pemanfaatan data geospasial yang digunakan dengan kerja sama host to host dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) "Pajak BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah) bekerja sama dengan BPN kita pernah lakukan dan itu sangat bermanfaat," ungkapnya.

Sekda berharap, inovasi Kota Bandung di bidang geospasial akan terus berkembang dan bisa dimanfaatkan dengan optimal. Sehingga semakin banyak pihak yang merasakan manfaatnya.* humas.bandung.go.id


Kata kunci:

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
Terkait