Minggu, 16 Juni 2019 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Berita

Forum Komunikasi Anak Menyuarakan Aspirasi dan Kepentingan Anak

Rabu, 20 Februari 2019

Forum Komunikasi Anak Menyuarakan Aspirasi dan Kepentingan Anak
Syahda Musthafa/Humas.Bandung.go.id
SALAH satu peserta siswa SMA sedang berbicara apada pembentukan Forum Komunikasi Anak Se-Kecamatan Kota Bandung, Rabu (20/2/2019), di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung, Jln. Seram.*

HumasBandung - Forum Komunikasi Anak Se-Kecamatan telah terbentuk di Kota Bandung, Rabu (20/2/2019). Forum ini terdiri dari Forum Komunikasi Anak Kota Bandung dan beberapa perwakilan dari kecamatan. 

Forum Komunikasi Anak Se-Kecamatan merupakan wadah atau pranata untuk menunjang partisipasi anak di bawah usia 18 tahun yang dikelola oleh anak dan dibina oleh pemerintah. Pembentukan Forum Komunikasi Anak Se-Kecamatan dihadiri Kepala Seksi Penguatan Kelembagaan Organisasi Anak Pada Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak pada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM), Christine Hartini.

"Forum anak diperlukan karena suara, aspirasi dan kepentingan anak perlu menjadi pertimbangan dalam pemgambilan keputusan dan merupakan bagian yang terpisahkan dalam pembangunan nasional," ujar Christine di Aula Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bandung, Jalan Seram.

Keberadaan forum komunikasi anak sangat penting karena 35 persen penduduk Indonesia merupakan anak-anak. "Pemkot Bandung wajib merespon aspirasi anak dengan sungguh-sungguh dan proporsional dalam proses pembangunan," katanya.

Christine menuturkan, pembentukan forum komunikasi anak juga merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Bandung untuk mewujudkan Bandung Kota Ramah Anak. Sejak DP3APM berdiri pada 2017, Kota Bandung sudah mendapat predikat madya untuk Kota Ramah Anak.

Peningkatan kemudian terjadi pada tahun 2018, predikat Kota Ramah anak untuk Bandung naik menjadi Nindya. "Kita berusaha untuk tahun 2019 ini predikatnya bisa naik ke Utama," ujarnya.

Setelah pembentukan forum anak kecamatan ini, ke depannya forum anak akan dikerucutkan sampai tingkat kelurahan. "Karena bagian dari kota layak anak itu adalah aspirasi, apresiasi serta prestasi dari anak di kota tersebut," tuturnya.

Sementara itu, Iip Syarifudin yang mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) berharap forum ini bisa menjadi forum komunikatif yang menjadikan anak sebagai pelopor.

"Jadi, saat ada Musrenbang nanti, anak-anak harus diundang atau dilibatkan," ujarnya.* humas.bandung.go.id


Kata kunci:

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
Terkait