Jumat, 19 April 2019 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Berita

Bandung dan Kawasaki Kerja Sama Dukung Citarum Harum

Rabu, 30 Januari 2019

Bandung dan Kawasaki Kerja Sama Dukung Citarum Harum
Primanda/Humas.Bandung.go.id
WAKIL Wali Kota Bandung, Yana Mulyana memimpin Rapat Tim Kegiatan The3rd Training Program di Kota Kawasaki, Jepang, di Ruang Rapat Kantor Wakil Wali Kota, Balai Kota Bandung, Rabu (30/1/2019).*

HumasBandung - Pemkot Bandung dan Pemkot Kawasaki akan memperbaharui jalinan kerja sama. Perbaharuan kerja sama ini terkait dengan pengolahan sampah dan air limbah untuk mendukung Citarum Harum.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana akan berangkat ke Jepang untuk membahas perpanjangan kerja sama tersebut. Tim yang akan turut mendampingi terdiri dari perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, PD Kebersihan, Bappelitbang, pakar pengelolaan sampah, dan perwakilan masyarakat.

"Kami akan menindaklanjuti kerja sama dengan Kawasaki yang telah membantu capacity building di Kota Bandung dalam hal pengelolaan sampah," ungkap Direktur Umum PD Kebersihan Kota Bandung, Gungun Saptari Hidayat saat ditemui di Balai Kota Bandung, Rabu (30/1/2019).

Dikatakan Gungun, kerja sama yang telah berlangsung selama tiga tahun terakhir ini menghasilkan sejumlah output. Di antaranya, membangun kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah sejak dari sumber, pengelolaan sampah di sektor komersial, pengelolaan TPS, dan peningkatan action plan.

"Kali ini akan dibahas rencana perpanjangan kerja sama yang akan difokuskan pada bantuan pengolahan air limbah yang sejalan dengan program Citarum Harum. Salah satu spot yang diusulkan adalah Sungai Cipamokolan," tuturnya.

Wakil wali kota beserta rombongan akan melakukan perjalanan dinas luar negeri selama seminggu, Minggu (3/2/2019) hingga Sabtu (9/2/2019). Selain akan bertemu dengan Wali Kota Kawasaki, wakil wali kota akan menjalani sejumlah agenda seperti kunjungan ke pusat pengomposan, kunjungan ke lokasi penanganan pengumpulan sampah di pusat pertokoan, berpartisipasi dalam Kawasaki Internasional Eco-Tech Fair dan Eco-Business Forum.

"Perwakilan masyarakat pun diajak dari Balonggede dan Mengger karena mereka telah mengelola sampah dengan baik. Mereka bisa melihat langsung pengelolaan sampah di Kawasaki dan diharapkan dapat membagikannya kepada masyarakat lainnya saat kembali ke Bandung," papar Gungun.* humas.bandung.go.id


Kata kunci:

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
Terkait