Senin, 20 Mei 2019 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Berita

Ledakan Zikir Sambut Tahun 2019

Selasa, 1 Januari 2019

Ledakan Zikir Sambut Tahun 2019
Agvi Firdaus/Humas.Bandung.go.id
WALI Kota Bandung, Oded M. Danial saat memberikan tausiah pada acara Bandung Berzikir yang menandai pergantian tahun 2018 ke 2019 di Masjid Agung Al Ukhuwah, Jln. Wastukancana, Senin (31/12/2018).*

HumasBandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menandai malam pergantian tahun 2018 ke 2019 dengan kegiatan "Bandung Berzikir", Senin (31/12/2018), di Masjid Agung Al Ukhuwan, Jln. Wastukancana.

Kegiatan bertemakan "Lawan Petasan dengan Ledakan Zikir" tersebut dihadiri Wali Kota Bandung Oded M. Danial, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna berserta Aparatur Sipil Negeri (ASN) Pemkot Bandung dan warga Kota Bandung.

Kegiatan "Bandung Berzikir" sebagai bentuk muhasabah atau instrospeksi diri. Para jamaah diajak untuk merefleksikan tahun 2018 serta mengevaluasi yang telah dilakukan selama setahun terakhir.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengaku bangga dan bersyukur dengan banyaknya warga yang mengikuti malam muhasabah ini. Menurutnya, di tengah banyaknya bencana yang menimpa negeri ini, bermuhasabah merupakan cara yang paling bijak untuk memperingati pergantian tahun.

"Semoga Bandung Berzikir ini menjadi titik tolak upaya kita untuk mengajak warga Kota Bandung untuk mengingat dan berzikir kepada Allah SWT dalam kondisi apapun, baik berdiri duduk berbaring harus berzikir," ungkap ayah dari tujuh putri itu.

Menurutnya, ada banyak bentuk zikir yang bisa dilakukan warga Bandung. Selain secara lisan mengucap kalimat zikir, membaca Alquran, dan salat, mencari ilmu dalam kebaikan juga menjadi cara untuk senantiasa mengingat Allah SWT.

"Di hari ini, saya ingin mengajak warga Kota Bandung lawan petasan dengan ledakan zikir," ucapnya.

Pasalnya, ia menyebut banyak warga Indonesia di berbagai daerah yang tengah berduka karena tertimpa musibah. Ia ingin mengajak warganya untuk mendoakan para korban bencana alam, baik di Palu-Donggala maupun di Banten dan Lampung.

Di sisi lain, Oded ingin lebih mendekatkan warga muslim Kota Bandung dengan Alquran. Pada kesempatan itu, ia memberikan piagam ucapan terima kasih secara simbolis untuk para hafiz se-Kota Bandung. Berdasarkan catatannya, ada 2.385 hafiz di Kota Bandung. Sebanyak 118 di antaranya telah hafal 30 juz.

Wali Kota beserta istri, Siti Muntamah Oded M. Danial atau yang akrab dipanggil Umi, juga memberi apresiasi kepada para hafiz beruntung. Sebanyak 10 hafiz yang hafal 30 juz diminta naik ke panggung dites hafalan. Mereka yang berhasil dihadiahi umrah oleh pasangan nomor satu di Kota Bandung itu.

"Ini adalah upaya saya untuk memberikan dukungan agar warga Kota Bandung lebih mencintai Alquran. Saya membayangkan suatu saat Bandung ini dihuni oleh warga yang islamnya cinta Quran, mulai subuh siang malam baca Quran, gemuruh zikir pembaca Quran akan berkumandang di angkasa. Itu yang saya berharap dengan zikir akan mengundang hadirnya rahmat ke Kota Bandung," katanya.* humas.bandung.go.id


Kata kunci:

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
Terkait