Sabtu, 19 Oktober 2019 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Berita

Ketika Sang Ibu Berpamitan

Senin, 31 Desember 2018

Ketika Sang Ibu Berpamitan
Syahda Musthafa/Humas.Bandung.go.id

HumasBandung - Wanita ini begitu dekat, begitu akrab dengan para pegawai di lingkungan Pemkot Bandung. Pengabdian panjang yang dijalaninya dengan ikhlas membuatnya menjadi sosok ibu bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Bandung. Evi S. Shaleha, inilah sang ibu itu.

Senin (31/12/2018) pagi, sang ibu ini menjadi pembina pada upacara rutin hari Senin di Plaza Balai Kota. Ini menjadi tugas terakhirnya menjadi ASN. Per tanggal 1 Januari 2019, Evi S. Shaleha memasuki masa purnabakti.

Dan, upacara ini pun dijadikan momen untuk berpamitan. Diselimuti suasana haru, Evi pun menyampaikan pesan dan kesan selama menjadi ASN di Pemkot Bandung.

Diungkapkannya, seorang ASN yang baik dinilai dari integritasnya. Integritas adalah sebuah kata yang mencerminkan nilai luhur seorang abdi negara. Integritas, menurut Evi, menjadi kunci dalam bekerja yang diejawantahkan ke dalam 9 sikap, yaitu jujur,  peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja sama, berani, sederhana, dan adil.

“Untuk itu semua, dilengkapi satu nilai tambahan, yaitu sabar. Sabar dalam menjalankan takdir Allah sebagai ASN, sabar dalam melaksanakan tugas dan kebaikan,” tutur Evi.

Ia pun tak kuasa menahan tangis saat satu persatu para peserta upacara menyalaminya sebagai tanda perpisahan seusai upacara berlangsung. Saat itu ia didampingi oleh dua orang puteranya.

Evi adalah Asisten Wali Kota Bandung bidang Administrasi Umum dan Kepegawaian di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Bandung. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah. Kiprahnya sebagai ASN juga membuatnya dipercaya sebagai Plh. Sekretaris Daerah Kota Bandung pada tanggal 2 Oktober-1 November 2018 lalu. 

Ibu dari empat putra ini telah mengabdi menjadi ASN selama 41 tahun 9 bulan. 23 tahun di antaranya ia habiskan untuk mengemban amanah di jabatan struktural, diawali dengan menjadi Pengawas TK/SD pada tahun 1995.  

Ia juga sempat menjabat sebagai kepala seksi kurikulum sistem pengujian dan kepala bagian tata usaha. Jabatan tertingginya di Dinas Pendidikan yaitu Wakil Kepala Dinas Pendidikan. Hingga tahun 2008, ia banyak menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk dunia pendidikan Kota Bandung. 

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana yang hadir dalam momentum perpisahan ini memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Evi. Ia berterima kasih atas dedikasi yang luar biasa kepada Pemkot Bandung.

“Saya mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya selama ini. Semoga apa yang diberikan oleh Bu Evi menjadi amal kebaikan. Mudah-mudahan tetap sehat dan beliau masih bisa beraktivitas. Karena beliau dosen, beliau juga kemarin saya dengar jadi penyuluh di KPK. selamat bertugas di tempat yang baru karena amanah. Jangan pernah berhenti, Bu,” pinta Kang Yana.* das - humas.bandung.go.id


Kata kunci:

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
Terkait