Kamis, 13 Desember 2018 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Berita

Cara Menghijaukan Ruang Terbuka Hijau

Kamis, 6 Desember 2018

Cara Menghijaukan Ruang Terbuka Hijau
Rizal Fadhilah Siptriandy/Humas.Bandung.go.id
MANG Oded ketika ngaluluguan menanam pohon di kawasan Punclut.*

HumasBandung - Lapang Dengdek di kawasan Punclut, Kecamatan Cidadap akan menjadi ruang terbuka hijau (RTH) yang benar-benar hijau dengan pepohonan. Kamis (6/12/2018) pagi, Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung menanami kawasan konservasi di Bandung Utara ini.

Diluluguan langsung Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dan Kepala Dispangtan, Elly Wasliah serta Ketua Forum Bandung Sehat, Siti Muntamah Oded, menanam 1.500 pohon produktif dan rumput vetiver.

Pohon produktif yang ditanam tersebut yakni, 500 pohon rambutan, 300 pohon jambu air, 300 pohon nangka, 300 pohon jambu bol, dan 100 pohon mangga. Pada kesempatan tersebut, secara simbolis Mang Oded juga menyerahkan sejumlah ikan kepada Camat Cidadap, Yasa Hanafiah. Selanjutnya ikan-ikan tersebut akan ditebar di sungai.

"Kegiatan ini sebagai bentuk cinta lingkungan dan menjaga ekosistem dengan penanaman pohon," ujar Mang Oded di sela-sela kegiatan. 

Mang Oded menegaskan, Pemkot terus berupaya agar ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Bandung bertambah. Juga berupaya agar RTH semakin tertata dengan baik. Salah satunya, Pemkot Bandung lebih merekomendasikan bangunan vertikal.

"Untuk hunian harus diarahkan ke atas atau vertikal. Jika horisontal akan habis tanah. Kita terus upayakan baik itu bangunan seperti Rumah Susun (rusun) untuk menjaga keseimbangan RTH nantinya," jelas Mang Oded. 

Ketua Forum Bandung Sehat, Siti Muntamah Oded juga menjelaskan, kegiatan ini sebagai salah satu implementasi 100 hari kerja Wali Kota Bandung dan Wakil Wali Kota Bandung. Kegiatan ini juga bagian dari peringatan Hari Menanam Pohon Nasional. 

"Kegiatan ini bagian dari cinta kita terhadap Kota Bandung. Insya Allah kita akan menanam rumput vetiver di sepadan sungai Cikapundung. Kita juga akan restocking (menebar) ikan sekitar 150.000 ekor. Ikan-ikan itu akan ditebar di wilayah Cibiru, Cinambo, Cidadap, Bojongloa Kaler dan Bojongloa Kidul," tuturnya.* humas.bandung.go.id


Kata kunci:

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
Terkait