Minggu, 18 November 2018 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Berita

"Si Kasep" akan Menyeleksi Calon Kepala Sekolah di Kota Bandung

Rabu, 3 Oktober 2018

"Si Kasep" akan Menyeleksi Calon Kepala Sekolah di Kota Bandung
Humas Disdik Kota Bandung
KEPALA Disdik Kota Bandung, Elih Sudiapermana.*

HumasBandung - Dinas Pendidikan Kota Bandung segera melakukan seleksi calon kepala sekolah. Tahun 2018 ini, seleksi akan dilakukan dengan "Si Kasep", sebuah inovasi seleksi para guru yang potensial menjadi kepala sekolah.

Si Kasep --seperti dikemukakan Kepala Disdik Kota Bandung, Elih Sudiapermana, ketika ditemui di Ruang Opro Disdik, Rabu (3/10/2018)-- merupakan aplikasi Sistem Seleksi Kepala Sekolah Pintar. Aplikasi ini digunakan sebagai kanal pendaftaran administrasi secara online. Seleksi dimulai dengan pendaftaran online, seleksi administrasi, dan seleksi akademik. Hal ini dilakukan sebelum para calon diikutsertakan dalam Diklat calon kepala sekolah.

Guru yang memenuhi syarat bisa mendaftarkan diri menjadi peserta seleksi calon kepala sekolah. “Guru bisa mengajukan diri sendiri, atau sejawatnya yang dianggap potensial, baik dengan atau tanpa rekomendasi kepala sekolah” kata Elih.

Bagi guru yg mengusulkan diri sendiri atau diusulkan sejawat dan belum direkomendasi kepala sekolah, maka calon peserta akan dibahas bersama tim seleksi dan kepala sekolah terkait, sehingga akhirnya memenuhi syarat mendapat rekomendasi. “Ini dilakukan agar tidak hilang kesempatan karena ada 'bottleneck' di sekolah,” tambah Elih.

Menurut Elih, dengan aplikasi Si Kasep, dokumen persyaratan cukup diupload saja. Selanjutnya tes akademik dilakukan berbasis komputer, di mana rencana persiapan sistem penilaiannya dikerjasamakan dengan perguruan tinggi. Harapannya, transparansi dan akuntabilitas kegiatan seleksi kepala Sekolah ini lebih terjamin.

Seleksi Calon Kepala Sekolah tahun 2018 ini dilakukan dalam upaya pemenuhan jabatan kepala sekolah yang belum definitive, serta persiapan bagi pengganti jabatan kepala sekolah yang akan pensiun 1 tahun mendatang. “jadi nanti tidak ada lagi kekosongan jabatan, karena ada calon-calon kepala sekolah yang sudah kita persiapkan sesuai Permendikbud No 6 tahun 2018 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah untuk menempati jabatan yang kosong itu,” jelas Elih.

Dijelaskan Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Disdik Kota Bandung, Cucu Saputra, persyarata bakal calon kepala Sekolah menurut Permendikbud No. 6 tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah. Diantaranya: Pendidikan min S1/D4, memiliki sertifikat pendidik, pangkat minimal gol IIIC, pengalaman mengajar minimal 6 tahun kecuali TK/TKLB minimal 3 tahun, Predikat Prestasi Kerja Guru 2 tahun terakhir minimal “Baik” dan lain sebagainya.

Elih berharap dengan melibatkan pihak professional dalam kegiatan ini, lahir juga hasil seleksi para calon kepala sekolah yang professional dan berkarakter serta mampu mewujudkan pendidikan Kota Badung yang bermutu, berkeadilan dan berwawasan lingkungan.* Humas Disdik Kota Bandung - humas.bandung.go.id


Kata kunci:

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
Terkait