Sabtu, 23 Juni 2018 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Berita

"Kampung Berkebun" Cibaduyut Latih Warga Bercocok Tanam

Minggu, 15 April 2018

"Kampung Berkebun" Cibaduyut Latih Warga Bercocok Tanam
Dispangtan Kota Bandung
KADER P2WKSS di Kelurahan Cibaduyut mengikuti pelatihan “Kampung Berkebun”.*

HumasBandung - Sebanyak 30 kader pengelola Program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di Kelurahan Cibaduyut, Kecamatan Bojongloa Kidul, Kota Bandung, mengikuti pelatihan “Kampung Berkebun”. Pelatihan diberikan oleh Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, Kamis (12/4/2018), di Aula Kelurahan Cibaduyut.

Pengelola P2WKSS yang terdiri dari TP PKK, LPM, Karang Taruna, RT, dan RW tersebut diberikan pelatihan budidaya tanaman sayuran perkotaan, mulai dari persemaian hingga menanam pada pot dan polybag. Program “Kampung Berkebun” di Kota Bandung sudah dimulai sejak tahun 2014. Dimulai dari 151 kelurahan di Kota Bandung dengan 151 RW percontohan, program ini terus berkembang hingga saat ini.

Program ini diantaranya melatih warga menanam sayuran dan buah-buahan dengan konsep hidroponik, yakni menanam menggunakan media air. Selain itu warga juga diajarkan teknik menanam di halaman, atap, dan dinding rumah.

Jati Windiastuti, Penyuluh Pertanian Lapangan/PPL yang menjadi nara sumber pada kegiatan tersebut menjelaskan, para kader pengelola P2WKSS dipersiapkan untuk mendampingi 100 orang warga binaan P2WKSS khususnya para ibu untuk dapat membantu memenuhi kebutuhan keluarga di bidang pangan. Hal ini sesuai dengan tujuan P2WKSS, yaitu memberdayakan wanita untuk kesejahteraan keluarga.

"Kita memberi pelatihan seperti ini dan didorong dengan adanya contoh rumah sehat dan contoh kampung berkebun," jelas Jati.

Peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan yang berlangsung sekitar dua jam. Tak hanya selesai sampai pelatihan saja, perserta dipersilakan untuk berdiskusi dengan nara sumber.

"Pelatihan ini sangat bermanfaat. Setelah mendapat pelatihan ini kami akan membuat kebun bibit sayuran untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar Kelurahan Cibaduyut," ujar Ade, salah seorang peserta.

Antusisme peserta mendapat respon dari Dispangtan. Menurut Jati, setelah pelatihan Dispangtan Kota Bandung akan terus melakukan pendampingan, "Kita akan berikan terus menerus pendampingan sampai terbentuk Kelompok Kampung Berkebun di Kelurahan Cibaduyut,” katanya.* yuyun - humas.bandung.go.id



BAGIKAN

BERI KOMENTAR