Minggu, 22 Juli 2018 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Berita

Penyusunan DIKPLHD, Upaya Memperbaiki Kualitas Lingkungan Hidup

Kamis, 12 April 2018

Penyusunan DIKPLHD, Upaya Memperbaiki Kualitas Lingkungan Hidup
Humas.Bandung.go.id
RAPAT Penyusunan DIKPLHD Kota Bandung dilaksanakan di Hotel Sabang,Kota Bandung, Kamis (12/4/2018).*

HumasBandung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyelenggarakan Rapat Penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) Kota Bandung. Rapat dilaksanakan di Hotel Sabang, Jln. Sabang, Kota Bandung, Kamis (12/4/2018).

Kepala Sub Bagian Data dan Informasi pada Bagian Humas Kota Bandung, Ruri Rachmawati mengatakan, rapat penyusunan DIKPLHA Kota Bandung merupakan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Dokumentasi Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) Kabupaten/Kota se-Jawa Barat yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat pada tanggal 9 dan 23 Maret lalu.

“Pelaksanaan Rapat Penyusunan DIKPLHD Kota Bandung, sesuai dengan arahan Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Dadang Supriatna,” katanya.

Pada rakor tingkat provinsi, lanjut Ruri, disampaikan tata cara penyusunan dan persyaratan administrasi yang harus dipenuhi. “Rapat yang diselenggarakan hari ini, untuk sinkronisasi data penyusunan DIKPLHD serta pengumpulan kelengkapan administrasi,” katanya.

Selain dihadiri seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemkot Bandung, rapat yang dibuka oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung, Dedi Dharmawan, juga dihadiri peserta dari akademisi, asosiasi profesi, dan unsur masyarakat.

Sementara itu, salah seorang nara sumber, Sasongko mengungkapkan, tujuan dari penyusunan DIKPLHD adalah, sebagai dasar penilaian penghargaan Nirwasita Tantra. Penghargaan ini diberikan kepada kepala daerah terpilih atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

“Penghargaan ini bermaksud untuk memotivasi kepala daerah agar semakin baik dalam mengelola lingkungan hidup, secara partisipatif melibatkan para akademisi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), swasta, dan masyarakat,” katanya.

Penilai penghargaan Nirwasita Tantra berasal dari Kementeriaan Lingkungan Hidup dan DLH Provinsi Jawa Barat.***


Kata kunci:

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
Terkait