Rabu, 19 September 2018 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Berita
Pemkot dan Pemprov

Kolaborasi Rancak, Sosialisasikan Pajak

Senin, 9 April 2018

Kolaborasi Rancak, Sosialisasikan Pajak
Humas.Bandung.go.id
KOLABORASI Pemkot Bandung dengan Pemprov Jawa Barat dalam sosialisasi pajak daerah, merupakan langkah yang tepat supaya masyarakat semakin paham tentang pajak.*

HumasBandung – Kawasan Car Free Day (CFD) Buahbatu menjadi ajang sosialisasi pajak daerah yang dilakukan Badan Pengeloloaan Pendapatan daerah (BPPD) Kota Bandung bersama Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat, Minggu (8/4/2018). Sosialisasi dihadiri oleh Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin.

“Sosialisasi pajak daerah bertujuan supaya masyarakat taat membayar pajak. Hal ini penting karena pajak yang terkumpul bisa digunakan untuk pembangunan. Pajak itu dari masyarakat, harus dirasakan juga oleh masyarakat. Jadi kalau kita taat bayar pajak, maka pembangunan pun akan lancar," ungkap Solihin di sela-sela sosialisasi.

Pajak, lanjut Solihin, merupakan bagian dari dana yang digunakan untuk membangun daerah. Karenanya efisiensi biaya harus dikelola dengan benar dan tepat.

Mengenai kolaborasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dalam sosialisasi pajak daerah, Solihin mengatakan, merupakan langkah yang tepat supaya masyarakat semakin paham tentang pajak.

"Pemkot Bandung khususnya BPPD (Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah) dengan Bapenda Provinsi Jawa Barat mengadakan sosialisasi sebagai konsentrasi yang sangat baik agar memberikan informasi lengkap kepada masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kepala BPPD Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, acara sosialisasi ini penting dilaksanakan untuk mengingatkan masyarakat supaya sadar dan tepat waktu membayar pajak. “Kami tidak bosan-bosan untuk terus menyosialisasikan kewajiban membayar pajak. Setidaknya dengan adanya sosialisasi ini kesadaran masyarakat akan pajak diharapkan terus meningkat,” ujarnya.

Saat ini ada beberapa pajak daerah yang dikelola Pemkot Bandung, di antaranya Pajak Hotel, Restoran, Hiburan, Parkir, Pajak Penerangan Jalan (PPJ), Bea Pembelian Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Reklame dan Pajak Air Tanah. "Dari semua tipe pajak itu, diharapkan sosialisasi ini mampu menyadarkan masyarakat, pengusaha ataupun instansi lainnya agar paham akan kegunaan pajak." katanya.

Ema berharap, kolaborasi BPPD Kota Bandung dengan Bapenda Provinsi Jabar bisa meningkatkan kinerja semakin baik, sehingga masyarakat lebih paham mengenai pajak.***



BAGIKAN

BERI KOMENTAR