Kamis, 13 Desember 2018 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Berita

Lewat e-Samsat, Bayar Pajak Ranmor pun Bisa di Balaikota

Sabtu, 7 April 2018

Lewat e-Samsat, Bayar Pajak Ranmor pun Bisa di Balaikota
Humas.Bandung.go.id
KEPALA BPPD Kota Bandung, Ema Sumarna ketika meninjau pelaksanaan uji coba e-Samsat dan t-Samsat di Balaikota, Jumat (6/4/2018).*

HumasBandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat makin mendekatkan layanan kepada masyarakat, khususnya Pajak Kendaraan Bermotor kepada para wajib pajak. Jumat (6/4/2018) kemarin, Pemerintah provinsi melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat melakukan uji coba menempatkan mobil e-Samsat di Balai Kota Bandung.

Layanan tersebut akan mulai difungsikan pekan depan dengan menyiapkan mobil e-Samsat pada hari kerja dan akhir pekan. Hal tersebut diungkapkan Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin saat meninjau uji coba layanan e-Samsat di parkir Barat Balaikota Bandung.

“Hari ini adalah bagian dari wujud uji coba yang dilaksanakan di lingkungan Pemkot Bandung. Nanti kita adakan secara rutin terutama hari libur dan hari kerja, mungkin seminggu satu atau dua kali dan hari libur Sabtu dan Minggu,” ujar Solihin.

Ia mengatakan, kerja sama ini dapat mengoptimalkan pendapatan daerah melalui sektor Pajak Kendaraan Bermotor. Ini penting untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah guna kelancaran pembangunan.

“Karena apapun yang diterima oleh Pemprov melalui PKB yang dibayarkan oleh wajib pajak itu akan berdampak pada Pendapatan Asli Daerah Kota Bandung. Jadi memang harus dilaksanakan bersama-sama, terintegrasi, sehingga kita akan memperoleh hasil yang maksimal,” katanya.

Hadirnya mobil e-Samsat di Balai Kota Bandung, lanjut Solihin, diharapkan bisa lebih memudahkan masyarakat untuk melaksanakan kewajiban pajaknya. Selain itu, e-Samsat juga ditempatkan di car free day (CFD) seperti yang selama ini dilaksanakan. “Yang di CFD tetap berjalan,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Solihin berharap, agar warga semakin disiplin membayar pajak. Dengan begitu, pembangunan bisa terus bergulir.

“Warga kota yang baik itu adalah yang bayar pajak tepat waktu. Apalagi ini berkaitan dengan kewajiban setiap warga negara untuk membayarkan pajak, termasuk kendaraan bermotor. Pajak kendaraan bermotor ini adalah primadona untuk melaksanakan pembangunan di daerah,” katanya.

Tak hanya e-Samsat, Pemprov Jawa Barat juga menyediakan layanan t-Samsat (Tabungan Samsat) bekerja sama dengan Bank bjb.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung, Ema Sumarna menjelaskan, t-Samsat ini bermanfaat untuk memudahkan wajib pajak menunaikan kewajibannya.

“Nanti itu ditarik otomatis atau auto debet dari tabungan. Itu kerja samanya dengan bjb,” jelas Ema.

Selain fasilitas autodebet, t-Samsat juga dilengkapi fitur cicilan pajak. “Pajaknya juga bisa dicicil lewat itu,” terang Ema.***



BAGIKAN

BERI KOMENTAR
Terkait