Kamis, 20 Juni 2019 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Berita

Inilah Para Peraih Platinum PRIA 2018

Kamis, 29 Maret 2018

HumasBandung - Puncak apresiasi tertinggi bagi para insan public relations (PR), PR INDONESIA Awards (PRIA) 2018, berlangsung di Surabaya, Kamis malam (29/3/2018). Acara yang dilaksanakan berdampingan dengan festival rakyat Mlaku-mlaku nang Tunjungan di sepanjang Jalan Tunjungan itu penuh kesan, khususnya bagi lima instansi/korporasi terpilih. Mereka adalah Kementerian Keuangan, PT Kereta Commuter Indonesia (Persero), PT BNI (Persero) Tbk, PT Telkomsel Tbk, dan Pemerintah Kota Surabaya.

Kelimanya terpilih sebagai peraih trofi Platinum, apresiasi tertinggi yang diberikan kepada PR INDONESIA kepada lembaga negara/kementerian/BUMN/Korporasi swasta yang telah menghimpun penghargaan terbanyak di hampir semua lini kategori PRIA 2018. Kemenangan mereka disaksikan oleh lebih dari 500 praktisi PR setanah air dan para pemimpin mulai dari kepala daerah hingga CEO.

“Inilah pesta ‘olimpiade’ paling komprehensif yang dihadirkan untuk mengukur kinerja dan produk humas atau PR sepanjang satu tahun,” kata founder sekaligus CEO PR INDONESIA, Asmono Wikan di Surabaya, Kamis (27/3/2018). “Persembahan dari PR yang akan dibawa ke kantor masing-masing dapat menunjukkan peran PR sangat penting,” imbuhnya.

“Kepemimpinan yang Menginspirasi” menjadi tema sentral di malam penghargaan PRIA 2018. Menurut Asmono, hal Ini dikarenakan kepemimpinan merupakan elemen penting yang menentukan keberhasilan suatu organisasi, termasuk di wilayah PR.

“Tanpa pemimpin yang memahami pentingnya PR dan memberikan ruang strategis kepada tim PR untuk berkembang, mustahil PR dapat memberikan kontribusi optimal,” ujarnya.

GPR Lampaui Ekspektasi
Bagi Kemenkeu dan KCI kemenangan ini bukanlah yang pertama. Tahun lalu, keduanya meraih trofi serupa. Kemenangan Kemenkeu memang sudah diprediksi sejak awal. Selain mengirim lebih dari 17 entri di semua kategori, mereka tampil all out hingga ikut berkompetisi di kategori CSR, kategori yang tidak lazim dilakukan oleh kementerian.

Penampilan kementerian yang dipimpin Sri Mulyani sebagai menteri di setiap kategori pun kerap menuai pujian para juri. Mereka sepakat Kemenkeu mampu membuktikan kapasitasnya sebagai PR “zaman now”, mampu membuat program yang dinamis, solutif, dan dikomunikasikan dengan baik kepada publik.

Yang lebih menggembirakan, langkah-langkah ini mulai diikuti oleh government PR (GPR) lain. Sebut saja Pemprov Jawa Barat, Pemkot Bandung, Pemkot Tangerang, hingga Pemkot Surabaya. Itu artinya, sudah terjadi revolusi cara berpikir di instansi pemerintah, “Dari dua kali ini saya menjadi juri untuk PRIA, lompatan mereka tahun ini luar biasa,” kata Magdalena, juri kategori Program PR dan Departemen PR.

Selain itu, juri pun menyoroti hal menarik lain. Banyak kategori, khususnya Program PR, yang mengarah ke digital dan menyasar kaum millennial. “Yang pasti, juri mencari siapa di antara para peserta yang berani tampil fokus, clear, dan otentik,” kata Asmono, juri Owned Media, Program PR dan Departemen PR.***



BAGIKAN

BERI KOMENTAR
Terkait