Kamis, 20 September 2018 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Berita

Petugas Cepat Tanggap Atasi Banjir Bandang di Antapani

Selasa, 20 Maret 2018

Petugas Cepat Tanggap Atasi Banjir Bandang di Antapani
Humas.Bandung.go.id
Diskar PB Kota Bandung menurunkan enam unit kendaraan untuk membersihkan jalan di kawasan Antapani dari endapan lumpur. Setelah hujan deras mengguyur, Selasa (20/3/2018), jalan di sekitar Antapani tergenang lumpur.*

BandungHumas – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung menurunkan enam unit kendaraan untuk membersihkan jalan di kawasan Antapani dari endapan lumpur. Setelah hujan deras mengguyur, Selasa (20/3/2018), jalan di sekitar Antapani tergenang lumpur.

“Kami menurunkan delapan kendaraan untuk mensterilkan kawasan ini dari lumpur, supaya lalu lintas lancar,” ungkap Kepala Diskar PB Kota Bandung, Ferdi Ligaswara kepada humas.bandung.go.id di lokasi.

Menurut Ferdi, jalan yang tertutup lumpur sangat licin sehingga pengguna kendaraan roda dua rawan tergelincir. “Tim kami dibantu dengan Tim Kewilayahan Dinas Pekerjaan Umum dan aparat kepolisian, telah turun di lokasi untuk menangani endapan lumpur ini,” katanya.

Bagi masyarakat yang melewati kawasan Antapani, diminta untuk berhati-hati. Terutama pengemudi kendaraan roda dua, supaya melambatkan laju kendaraannya agar tidak tergelincir.

Selain banjir bandang di kawasan Antapani, kawasan lain di wilayah Timur Kota Bandung juga terendam cileuncang. Diantaranya Jalan Cicaheum, Jalan Cikadut, Jalan Purwakarta Antapani, Jalan Polo Arcamanik, Jalan Terusan Jakarta, Jalan Rumah Sakit, Jalan Terusan Rumah Sakit Gedebage, dan Perempatan Gedebage Soekarno Hatta.

Pantauan humas.bandung.go.id, luapan air Sungai Cipamokolan menggenangi sejumlah wilayah di Kelurahan Jatihandap. “Masyarakat sebaiknya hati-hati saat melintasi lokasi yang terendam cileuncang. Alhamdulillah, petugas sudah berada di lokasi untuk menanganinya,”ujar Kepala Bagian Humas Kota Bandung, Yayan A. Brilyana yang menurunkan karyawan Bagian Humas untuk memantau kejadian tersebut.

Sementara itu Lurah Jatihandap, Tata P. Putra menyampaikan, banjir bandang yang terjadi di wilayah Kelurahan Jatihandap, Kecamatan Mandalajati pada pukul 16.20 WIB, akibat meluapnya Sungai Cipamokolan.

“Derasnya arus sungai menyebabkan satu rumah yang berada di pinggir Sungai Cipamokolan hanyut. Begitu juga satu mobil Xenia di Perumahan Alam Resik, terbawa arus sungai,” katanya.

Puluhan rumah terdampak banjir dan lumpur berada di RT 03 san RT 02 di RW 04; RT 04, RT 05, RT 06 di RW 05; RT 02 dan RT 04 di RW 16 tepatnya di Kampung Sirnagalih dan Gg. Suma; RT 03/RW 16 Perumahan Pondok Harmoni, Alam Resik, dan Jatihandap. Masih di Kelurahan Jatihandap, jembatan yang berada di RT 02 dan RT 03 di RW 04 rusak parah.

“Pascakejadian, bantuan segera datang dari Petugas Rescue Damkar Kota Bandung, PMI Kec. Mandalajati, Linmas dan Gober, LPM serta Aparat Kelurahan Jatihandap,” katanya.

Saat ini warga terdampak banjir ditangani sementara oleh pengurus RT, RW, Karang Taruna, dan PKK RW. “Kami sudah mendirikan Posko Penanggulan Bencana Banjir Bandang Kelurahan Jatihandap di depan Masjid Al Hikmah RW 08,” ungkap Tata dalam laporannya kepada Pjs. Wali Kota Bandung.***


Kata kunci:
banjir bandangantapani

BAGIKAN

BERI KOMENTAR