Senin, 21 Mei 2018 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Berita

Tingkatkan Kualitas Sungai, Pemkot Pasang 20 Jaring Sampah

Senin, 12 Maret 2018

Tingkatkan Kualitas Sungai, Pemkot Pasang 20 Jaring Sampah
Humas.Bandung.go.id
JARING sampah di Sungai Cikapundung.*

HumasBandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memasang 20 jaring sampah di sejumlah sungai di Kota Bandung. Pemasangan jaring sampah tersebut merupakan upaya meningkatkan kualitas sungai di Kota Bandung.

"Pemasangan jaring sampah dilakukan untuk meminimalisir sampah di sungai-sungai. Sehingga sungai di Kota Bandung semakin bersih," ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Arief Prasetya di Balai Kota Bandung, Jln. Wastukancana, Kota Bandung, Senin (12/3/2018).

Menurutnya, pemasangan jaring sampah tersebut untuk mempermudah mengetahui wilayah yang banyak membuang sampah. Sehingga sampah yang melintasi sungai-sungai di permukiman warga di Kota Bandung dapat teratasi.

"Walau terkesan sepele, tapi membuang sampah ke sungai memiliki dampak yang besar dan merugikan banyak pihak. Sayangnya, banyak masyarakat yang belum paham dan peduli terhadap dampak negatif kebiasaan tersebut," katanya.

Pemasangan jaring tersebut juga selain berpengaruh pada kondisi sungai, juga mengurangi potensi banjir.

“Pengaruhnya yaitu sungai menjadi bersih, banjir berkurang dan lingkungan sekitar pun menjadi nyaman,” ujarnya.

Diakuinya saat ini, belum semua sungai di Kota Bandung terpasang jaring sampah. Mengingat untuk Kota Bandung membutuhkan sekitar 50 jaring sampah.

"Kalau idealnya dibutuhkan lebih dari 50 jaring sampah, tentu dengan desain yang bagus dan kuat untuk menahan sampah di sungai," ucapnya.

Ia berharap dengan pemasangan jaring, dapat mendorong masyarakat yang berada di sekitar sungai memiliki kesadaran dalam hal lingkungan.

"Kami mengimbau warga untuk ikut menjaga lingkungn. Semakin sering masyarakat membuang sampah ke sungai maka di wilayah sungainya akan terjadi penumpukan sampah," tambahnya.***



BAGIKAN

BERI KOMENTAR
Terkait