Senin, 22 Oktober 2018 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Berita
Analisa BMKG

Hujan Lebat Kamis Kemarin

Jumat, 9 Maret 2018

Hujan Lebat Kamis Kemarin
Wahyu/KIM Jatihandap
HUJAN lebat yang mengguyur kawasan Bandung, Kamis (8/3) sore kemarin, menyebabkan cileuncang di beberapa wilayah Kota Bandung.*

HumasBandung - Hujan lebat yang mengguyur kawasan Bandung, Kamis (8/3) sore kemarin, menyebabkan cileuncang di beberapa wilayah Kota Bandung. Cileuncang yang cukup parah terutama terjadi di kawasan Bandung timur, seperti Gedebage, Antapani, Kiaracondong dan kawasan Ciwastra.

Menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terjadinya hujan lebat di kawasan Bandung tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, baik faktor lokal, regional maupun global.

Berdasarkan pantauan Citra Satelit, faktor lokal yang menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin, disebabkan terjadinya pembentukan awan Cumulonimbus di sekitar wilayah Kabupaten Bandung bagian timur.

Secara regional, faktor penyebabnya karena adanya pumpunan angin yang melewati Jawa Barat bagian tengah serta belokan angin (sherline) terutama di wilayah Bandung bagian timur.

Sementara faktor penyebab secara global, karena terdapat anomali suhu permukaan laut di perairan Jawa Barat yang cenderung hangat sehingga berpeluang terjadi pembentukan awan-awan potensial hujan.***



BAGIKAN

BERI KOMENTAR
Terkait