Senin, 21 Mei 2018 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Berita

Bandung Tuan Rumah Konferensi Internasional Penanganan Sampah

Jumat, 2 Maret 2018

Bandung Tuan Rumah Konferensi Internasional Penanganan Sampah
Humas.Bandung.go.id
DIREKTUR Utama PD. Kebersihan Kota Bandung, Deny Nurdyana.*

HumasBandung – Kota Bandung akan menjadi tuan rumah acara Internasional Zero Waste City Conference (IZWCC) 2018. Acara yang diselenggarakan pada 5-7 Maret mendatang ini merupakan rangkaian kegiatan tiga bulan bebas sampah dan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2018.

Terkait dengan acara tersebut, hari ini (Jumat, 2/3/2018), di Hotel Papandayan, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, dilaksanakan press conference IZWCC. Hadir pada acara tersebut, Direktur Utama PD. Kebersihan Kota Bandung Deny Nurdyana, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi Ade Ruhiyat, lianti Kasi Kerjasama Teknis DLHK Kota Bandung Dety Yulianti, dan perwakilan dari GAIA Asia Pasifik Miko Alino.

Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung, Deny Nurdyana pada kesempatan itu menyambut baik acara IZWCC 2018. Menurutnya, konsep zero waste merupakan solusi bagi masalah sampah, sekaligus menjadi sumber daya bagi pembangunan menuju kota yang berkelanjutan. Kosep tersebut dapat direalisasikan dengan mengubah cara penanganan sampah yang disertai pengembangan sistem ekonomi yang mampu menciptakan nilai dari daur material.

Dalam pemaparannya, Deny menjelaskan beberapa program dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengenai pengelolaan sampah. Salah satunya melalui pembentukan bank sampah yang sudah dimanfaatkan masyarakat sebagai penghasilan sampingan.

Sementara itu, dikutip dari Greeners.co, media online lingkungan hidup Indonesia, International Zero Waste City Conference diawali dengan kegiatan Zero Waste Youth Festival. Rangkaian kegiatan ini dimulai pada tanggal 24 Februari di Kota Cimahi, kemudian dilanjutkan pada tanggal 26 Februari di Kota Bandung. Selanjutnya pada tanggal 6-7 Maret di Soreang, Kabupaten Bandung.

Ada berbagai kegiatan menarik yang digelar dalam festival tersebut, antara lain zero waste seminar, pemutaran film, lokakarya daur ulang, serta plastic hunt race menggunakan aplikasi interaktif “Augmented Reality”. Penyelenggaraan Zero Waste Youth Festival untuk menunjukkan eksistensi anak muda dalam menyelesaikan permasalahan sampah.***


Kata kunci:
zero wastekonferensi

BAGIKAN

BERI KOMENTAR