Sabtu, 23 Juni 2018 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Berita

Ketika Warga dan Aparat Beramai-ramai Bersihkan Sungai

Senin, 26 Februari 2018

Ketika Warga dan Aparat Beramai-ramai Bersihkan Sungai
Humas.Bandung.go.id
RATUSAN warga, anak sekolah, aparatur kewilayahan, dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) berkolaborasi membersihkan kali Cicadas Baru, Sabtu (24/2/2018).*

HumasBandung - Ratusan warga, anak sekolah, aparatur kewilayahan, dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) berkolaborasi membersihkan kali Cicadas Baru yang melintasi Kelurahan Cijawura Kecamatan Buahbatu dan Kelurahan Mekarjaya Kecamatan Rancasari Kota Bandung, Sabtu (24/2/2018). Semua turun tangan memunguti sampah di bibir dan aliran sungai.

Sungai sepanjang 1,5 km itu dibersihkan hingga ke perbatasan kota yang ditandai dengan jalan tol Purbaleunyi. Setidaknya, sekitar 400 orang melaksanakan kerja bakti itu.

Penjabat Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin yang turut hadir di kegiatan tersebut menuturkan bahwa ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengurangi limbah yang berpotensi mengalir ke Sungai Citarum dan anak sungainya. Untuk itu, Pemkot Bandung dan warga bahu membahu membersihkannya.

"Karena kebersihan itu kan harus kita jaga bersama, dan ini bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah, tetapi tanggung jawab kita bersama seluruh elemen masyarakat, instansi vertikal, dan kita dibantu oleh jajaran TNI dan kepolisian," ungkap Solihin.

Menurutnya, di samping sebagai rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional, kegiatan ini merupakan cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebersihan. Setelah kegiatan ini, diharapkan tidak ada lagi yang membuang sampah ke sungai. Bahkan ia berharap, warga bisa menjadi agen yang menjaga kebersihan sungai.

"Keterlibatan masyarakat sangat bagus dan kuat. Ini yang harus terus kita pelihara dengan baik, supaya dengan program ini warga sudah terbiasa hidup dengan lingkungan yang bersih dan sehat," katanya.

Hal tersebut diamini oleh Komandan Sektor Citarum Harum 22 Wilayah Kota Bandung, Kol. Inf. Asep Rahman Taufik. Timnya akan terus mendampingi masyarakat hingga program Citarum Harum tuntas.

"Sejalan dengan pencanangan Pak Jokowi (Presiden RI) itu tujuh tahun untuk Citarum itu kembali sehat," ujarnya.

Kerja bakti masal dan edukasi anak sekolah ini merupakan rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap tanggal 21 Februari. Pemerintah pusat mencanangkan program 3 bulan bersih sampah mulai 21 Januari sampai 21 April 2018.

Untuk mendukung program itu, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan menggulirkan kampanye #nyaahkawalungan untuk memberi pesan kepada masyarakat agar selalu melestarikan sungai.

"Dan dalam waktu dekat, 5-6 Maret kita akan mengadakan kegiatan Zero Waste International Forum mengundang beberapa kota yang sudah mengelola sampahnya dengan baik untuk saling belajar dan bertukar informasi dan sebagainya," terangnya.***



BAGIKAN

BERI KOMENTAR
Terkait