Minggu, 23 September 2018 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Berita
Bank Sampah Resik

Inovasi Pengelolaan Sampah di Kota Bandung

Senin, 26 Februari 2018

Inovasi Pengelolaan Sampah di Kota Bandung
Humas.Bandung.go.id
MELALUI program bank sampah yang diberi nama "Bank Sampah Resik", Pemerintahan Kota Bandung bersama PD. kebersihan Kota Bandung melakukan upaya secara nyata yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.*

HumasBandung - Sebagai kota peraih Piala Adipura tiga kali berturut-turut, Kota Bandung memiliki banyak inovasi dalam penanganan dan pengolahan sampah. Salah satunya program bank sampah.

Melalui program bank sampah yang diberi nama "Bank Sampah Resik", Pemerintahan Kota Bandung bersama PD. kebersihan Kota Bandung melakukan upaya secara nyata yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Bank Sampah Resik merupakan suatu sistem pengelolaan sampah kering secara kolektif yang mendorong masyarakat untuk berperan aktif di dalamnya. Sistem ini akan menampung, memilah dan menyalurkan sampah bernilai ekonomi pada pasar sehingga masyarakat mendapatkan keuntungan ekonomi dari tabungan sampah.

Sampai saat ini, terdaftar 850 nasabah Bank Sampah Resik yang sudah bergabung dan ikut andil dalam program ini. Terdaftar 13 bank sampah binaan untuk membantu menyukseskan program bank sampah.

Ada beberapa sampah yang dapat bernilai ekonomi, diantaranya, kertas, plastik, ember, kaca, dan logam. Setelah mengumpulkan sampah kering tersebut, masyarakat bisa mendatangi bank sampah dan mendapatkan buku tabungan yang selanjutnya bisa dicairkan menjadi uang.***



BAGIKAN

BERI KOMENTAR