Jumat, 27 April 2018 | Humas.Bandung.go.id Tentang Kami ‧ Kontak Kami
Berita

12 Bandros Baru Siap Antarkan Wisatawan Keliling Kota Bandung

Senin, 22 Januari 2018

12 Bandros Baru Siap Antarkan Wisatawan Keliling Kota Bandung
HumasBandung.go.id
PEMKOT Bandung menambah kendaraan wisata Bandung Tour on Bus (Bandros). Sebanyak 12 unit Bandros baru siap antarkan wisatawan keliling Kota Bandung.*

HumasBandung - Meramaikan pariwisata Kota Bandung, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menambah kendaraan wisata Bandung Tour on Bus (Bandros). Sebanyak 12 unit Bandros, Jumat (19/1/2017), dilaunching Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil dan Wakil Wali Kota, Oded M. Danial.

Kehadiran 12 unit Bandros tersebut, akan menambah jumlah kendaraan wisata yang beroperasi di Kota Bandung. Sebelumnya Pemkot Bandung sudah mempunyai enam unit Bandros yang melayani wisatawan berkeliling Kota Bandung.

Berbeda dengan enam unit Bandros yang sudah ada sebelumnya yang pengadaannya menggunakan dana corporate social responsibility (CSR) dari sejumlah perusahaan, 12 nit Bandros baru ini pengadaannya menggunakan anggaran APBD Kota Bandung senilai Rp 12,4 miliar.

Ridwan Kamil berharap, keberadaan Bandros dapat menarik perhatian, khususnya wisatawan dari luar Kota Bandung. "Ini bisa menjadikan rute-rute wisata lebih baik. Di 2018 kalau masih kurang akan ditambah," kata Emil, sapaan Ridwan Kamil kepada wartawan usai mencoba Bandros baru bersama Oded M. Danial di Balai Kota Bandung.

Emil berharap, mobil wisata tersebut dapat melayani wisatawan di Bandung yang jumlahnya mencapai 7 juta turis per tahun. "Mudah-mudahan dengan begini wisatawan bisa lebih nyaman menjadikan Bandros sebagai prioritas. Karena selama kepemimpinan saya jumlah wisatawan naik dari semula rata-rata enam juta jadi hampir tujuh juta orang," katanya.

Selain itu, keberadaan Bandros juga diharapkan dapat menekan jumlah kendaraan pribadi wisatawan yang datang ke Kota Bandung. Emil juga berencana meminjamkan satu unit Bandros ke kecamatan secara bergilir, supaya warga di kewilayahan juga bisa menikmati Bandros, tidak hanya wisatawan.

Untuk pengelolaan, Emil menyerahkan seluruh unit Bandros itu kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung secara swakelola. Nantinya Dishub akan melakukan lelang untuk menentukan pengelola Bandros sehingga bisa dimanfaatkan secara lebih profesional.

Februari beroperasi
Sementara itu, Kadishub Kota Bandung, Didi Riswandi mengatakan, Bandros dijadwalkan akan beroperasi Februari mendatang. Pihaknya masih memproses kajian tarif agar tidak mengganggu angkutan kota dan Bandros sebelumnya.

Mobil wisata Bandros setiap unitnya mempunyai kapasitas 24 penumpang. Untuk menikmati Bandros, dikenakan tarif sebesar Rp 25.000 sampai Rp 50.000 per orang untuk one day trip. Sedangkan untuk satu kali jalan, tarifnya Rp 10.000 sampai Rp 15.000 per orang.

“Mobil Bandros yang baru ini berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya. Ukurannya lebih kecil dan tidak memiliki balkon. Namun dari segi warna bus baru ini lebih beragam, yaitu biru, kuning, hijau, ungu, merah muda, dan hitam,” katanya.

Setiap warna, lanjut Didi, menunjukkan rute yang dilalui. Bandros berwarna biru akan berkeliling dari Alun-Alun Bandung, Cibaduyut, Taman Leuwi Panjang, Museum Sri Baduga, Alun-alun Regol, dan Kawasan Buah Batu. Sedangkan Bandros Kuning akan melewati rute Lapangan Gasibu, Taman Cibeunying, Taman Superhero, Taman Foto, Gedung Merdeka, Alun-alun Bandung, dan Braga.

Sementara itu, Bandros Ungu akan melayani tujuan Gasibu, Taman Cikapayang, Alun-alun Ujungberung, Museum Geologi, dan Pusdai. Bandros Hijau akan membawa wisatawan melewati Chinatown, Pasir Kaliki, Alun-alun Cicendo, Karang Setra, UPI, dan GOR Padjadjaran. Bandros Merah Muda yang akan melewati Gasibu, Taman Pasupati (Taman Jomblo), Teras Cikapayang, Teras Cihampelas, hingga Taman Budaya. Khusus Bandros berwarna hitam, diperuntukan bagi tamu VIP yang datang ke Kota Bandung.***



BAGIKAN

BERI KOMENTAR